burung kenari

Tips Ternak Kenari bagi Pemula: Dua Cara Terbaik

Posted by Kenari Online Bandung on Tuesday, August 2, 2016

Tips Ternak Kenari bagi Pemula
Tips Ternak Burung Kenari bagi Pemula: Dua Cara Terbaik yaitu Dari Awal dan Cara Cepat.


TIPS ternak kenari di bawah ini merupakan copas dari dua sumber. Bagi yang sudah berpengalaman, silakan koreksi jika ada yang kurang tepat atau tambahkan tips lainnya jika ada kekurangan.

Tips Ternak Kenari bagi pemula ini ada dua bagian atau dua tisp. Tips pertama, ternak kenari sejak dari nol, yaitu awal perjodohan. 

Tips kedua adalah tips kilat atau cara cepat ternak kenari, yaitu ternak dari sepasang kenari yang sudah berjodoh dan berproduksi.

Tips #1. Cara Ternak Kenari dari Awal

Dalam posting dari Blog Burung Kenari ini dibahas proses atau cara ternak kenari dari awal sampai akhir. Tips ternak kenari ini dimulai dari dari awal penjodohan sampai pembesaran anak kenari

Dalam beternak kenari, ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak, dan ilmu tentang ternak.

1. Usia Kenari
Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. 

Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

2. Jenis kelamin
Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya. 

3. Sarana Penunjang dalam Beternak Kenari.
Hal ini sangat penting dalam beternak kenari. Posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak, dan saran penunjangnya harus diperhatikan dengan baik. 

Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan, maka akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari dalam ternak kenari. 

Penempatan kandang ternak yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding di samping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak, dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). 

Jika kandang ternak besar menggunakan kaki, maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus. 

Tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah. Dengan penempatan sangkar di dinding, diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus. Hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah. 

Untuk itu Anda harus hati-hati dalam penempatan kandang. Yang terbaik adalah menggunakan kandang aluminium untuk ternak kenari. 

Proses Penjodohan Kenari
Jika Anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses penjodohan. 

Proses penjodohan yaitu:
  1. Kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda
  2. Kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. 
Dalam hal ini, banyak peternak pemula yang tidak sabar menjalani proses penjodohan. Mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan, Anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut. Jika belum jodoh, langsung dimasukan ke dalam satu sangkar. Akibatnya, kedua kenari tersebut bisa berantem. 

Apabila terjadi perkelahian di antara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah, maka waktu penjodohan akan lama lagi. 

Jika yang kalah kenari jantan, proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. 

Tips Meningkatkan Birahi Kenari Jantan
Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :
  • Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
  • Dijemur setiap pagi
  • Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
  • Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.

Proses Ternak Kenari.
Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. 

Crri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :
  1. Pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
  2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
  3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
  4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Waktu Menyatukan Dua Kenari
Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku. Anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya menurut pengalaman waktu yang terbaik yaitu sore hari. 

Dengan menyatukan sore hari, maka diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. 

Karena sudah mengalami masa penjodohan, maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun, coba perhatikan isi sarang. Kalau isi sarang kotor, maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. 

Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. 

Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus, masukkan kapas ke dalam sangkar kedua kenari itu secukupnya. 

Tips #2. Cara Ternak Burung Kenari Super Cepat

Tips Ternak Kenari bagi Pemula
Posting kedua dari blog Kenarimania ini mengulas cara ternak kenari super cepat, juga untuk pemula atau baru belajar ternak kenari. Dijamin tidak sampai satu bulan Anda akan melihat anakan kenari hasil ternak sendiri. 

Tips ini merupakan tips jitu tentang cara ternak kenari sistem cepat. Namun, untuk menjalankan tips ini, memerlukan modal yang lebih banyak dari pada biasanya.

Banyak peternak kenari pemula yang gagal dalam membuidayakan kenari lalu menyerah. Ada banyak faktor yang membuat mereka gagal, salah satu diantaranya karena ketidakpahaman mereka tentang cara ternak kenari itu sendiri, seperti tidak tahu cara menjodohkan kenari, tidak paham ciri-ciri kenari yang sudah birahi atau siap diternak , sehingga penangkaran mereka hanya dilakukan asal-asalan.
Tips ini disajikan bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam beternak kenari, sering gagal, dan tidak sabaran.

Tips tentang Cara Ternak Kenari Supercepat

Cara ternak kenari cepat menghasilkan yaitu dengan beternak dari sepasang kenari yang sudah berjodoh dan pernah produksi.

Artinya mulailah ternak kenari dengan menyiapkan sepasang kenari yang sudah pernah berproduksi. Maksudnya kenari sudah menjadi babon untuk kenari betina dan kenari pemcek untuk kenari jantan. 

Kenari babon adalah sebutan untuk kenari betina yang sudah bertelur dan menghasilkan anakan, Kenari pemacek adalah pejantan yang sudah pernah dikawinkan, dan pastikan kenari pemacek ngisi sehingga saat dikawinkan dengan kenari betina menghasilkan telur yang fertil atau ngisi.

Memulai beternak kenari dari indukan yang sudah pernah berproduksi pasti jauh lebih mudah dibanding memulai ternak kenari dari kenari siapan. 

Lebih bagus lagi kalau bisa mendapatkan pasangan kenari yang memang jodohnya dan pernah berproduksi, karena kenari yang sudah berjodoh dan menghasilkan anakan biasanya langsung kawin saat disatukan, Anda pun sudah tidak perlu lagi menjodohkan kenari tersebut, karena kedua kenari memang sudah pasangannya, hanya nunggu saat yang tepat (birahi) untuk dikawinkan lagi. 

Jika tidak bisa mendapatkan kenari yang sudah berpasangan tidak masalah yang penting kedua kenari sudah pernah berproduksi.

Setelah Anda mendapatkan sepasang kenari yang sudah pernah berproduksi, Anda tinggal melakukan pengkondisian, seperti memandikan kenari, menjemur, dan sebagainya. 

Jika sudah terlihat tanda-tanda birahi, maka anda bisa langsung mengawinkan kedua indukan tersebut. 

Jika sudah terjadi perkawinan sebanyak 2 kali lalu anda pisahkan kembali. Lakukan proses ini hingga 3 hari berikutnya, biasanya kurang lebih lima hari kenari betina sudah bertelur dan akan mengerami telur-telurnya hingga menetas, lama penegeraman telur 14 hari, jadi Anda akan melihat anakan kenari tidak sampai satu bulan jika saja proses tersebut berjalan dengan lancar.

Jangan Sembarangan
Tips Ternak Kenari bagi Pemula

Membeli kenari yang sudah pernah berproduksi untuk diternakan lagi, sebaiknya jangan sembarangan. 

Apalagi beli di pasar yang tidak jelas, karena terkadang kenari pemacek atau babon yang ada di pasaran adalah kenari yang sudah tidak berproduksi dengan baik bisa saja rusak, misal tidak tidak ngisi atau tidak mau meloloh anakannya saat telurnya menetas. 

Belilah kenari babon atau pemacek ke peternak atau rekanan Anda yang dapat dipercaya. Labih baik lagi kalau Anda dapat melihat langsung hasil anakannya.


TIPS TAMBAHAN: PERAWATAN

Proses Pengeraman
Jika kenari sudah bertelur kemudidan kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama kenari betina karena kenari jantan akan senantiasa meloloh kenari betina sehingga kenari betina jarang keluar sarang dan ini baik untuk proses pengeraman yang maksimal.

Walaupun kenari jantan sudah dipisahkan, kenari betina akan senantiasa mengerami telur-telur nya hingga menetas.

Perawatan Kenari Saat Proses Pengeraman
  • Pakan biji-bijian, air minum selalu tersedia dalam sangkar.
  • Kebersihan kandang selalu terjaga dengan baik. Di sarankan pada saat membersihan kandang sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi goncangan yang kencan sehingga telur kenari akan tetap aman.
  • Selain biji-bijian berikan juga kombinasi pakan seperti sawi dan buah apel.
  • Tambahkan telur puyuh rebus, pemberian bisa 2 kali seminggu.
  • Kenari jangan tidak dijemur lagi.
  • Proses Menetas Dan Panen
  • Biasanya telur akan menetas pada hari ke-14.
Kemudian beri pakan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas hingga anakan siap panen.

Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Dua atau tiga hari menjelang telor menetas --yaitu hari ke-11 atau ke-12-- indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari, yaitu biskuit, telor puyuh, taoge, dll. 

Peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). Kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. 

Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.
Saat Anakan Baru Menetas
  • Saat anakan baru menetas pastikan air dan biji-bijian selalu ada dan tambahkan telur puyuh rebus sampai anakan kenari berumur 1 minggu.
  • Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya tidak diberikan sayuran dan buah dulu. namun cukup biji-bijian dan telur rebus.
  • Ini berguna untuk meminimalisir kematian dini pada anakan kenari atau piyik kenari.
  • Karena pada fase ini anakan kenari sistem pencernaannya belum kuat.
  • Jika usia anakan kenari sudah lewat satu minggu. Tambahkan buah apel dan sayuran seperti sawi ijo dan sawi putih.
  • Untuk hasil yang terbaik berikan telur rebus, sayuran dan apel hingga anakan kenari siap dipanen.
  • Tambahkan pula multivitamin, di pasaran sudah banyak beredar seperti multivitamin.
Anakan kenari siap dipanen idealnya jika sudah berumur 25 hari. Pada tahap ini anakan kenari sudah bisa makan sendiri, namun biasaya masih makan telur rebus.

Jika sudah berumur 1 bulan anakan kenari sudah bisa makan biji-bijian.

Demikian Tips Ternak Kenari bagi pemula dengan dua cara, yaitu dari awal perjodohan dan dari kenari yang sudah berjodoh dan berproduksi.*

ADSENSE HERE!
Previous
« Prev Post
Similar:

0 Response to "Tips Ternak Kenari bagi Pemula: Dua Cara Terbaik"

Post a Comment